Istimewa


IMG-20130907-00861

Ini adalah kartu PH Kema FK Unpad. Terlibat di 3 kepengurusan, baru yang ke 3 inilah saya mendapat kartu yang ada QR Code-nya. Haha, iya saya norak karena excited sama hal-hal kecil. Tapi seneng, gimana dong?

Biasanya sih, isi kartunya nama, jabatan, no pengurus, dan foto. Asalnya yang ini juga mau pake foto. Tapi karena Dudu ga ngasih-ngasih fotonya, terus udah mau dibagiin (berarti mesti dicetak dulu), akhirnya saya dan Hafdzi memutuskan untuk mencetaknya meski tanpa foto. Asalnya, karena ga ada foto, pengennya yang tulisannya timbul. Tapi di detik ga bisa. Alhamdulillah juga sih. Kalau ada, bisa-bisa impulsif malah bikin pengeluaran yang ga perlu. Dan, pas kemarin dibagikan, excited-lah saya.

Excited, sekaligus sedih dan deg-degan.

Ya. Pembagian kartu PH ini bertepatan dengan evaluasi internal tengah tahun PH Kema FK Unpad 2013. Meski judulnya tengah tahun, realitanya waktu pengabdian kita kurang lebih tinggal sekitar 3 bulan. Defaultnya, kalau dihitung dari sidang akhir-awal tahun saat pelantikan Hafdzi yaitu 20 Desember 2012, kita sudah berjalan selama 8, nyaris 9 bulan. Tapi, kita tahu sendiri. Januari full UAS. Maka dari 20 Desember-Januari itu terhitung tidak efektif. Paling tim inti aja yang udah ketemu. Habis itu, pemilihan kahim dulu (sekarang di FK Unpad ada 2 jurusan, jadi ada himpunan mahasiswa). Lalu rangkaian oprek-staffing dsb. Intinya raker baru bisa terjadi di bulan Maret. Lalu sepanjang bulan Juni, full UAS. Juli, 2010-nya KKN, angkatan lain libur. Agustus libur semester sekalian libur lebaran. Baru masuk lagi September tanggal 2 (kecuali 2010). Bisa dibilang, dari 8 nyaris 9 bulan itu, hanya 3 bulan yang efektif.

Keadaan akan semakin mengerikan kalau melihat kalender akademik 2010 semester ini. Saya sama Nuni hanya bisa saling menatap pasrah. Haha. *Angkatan 2010: Pertengahan Oktober UTS. Desember nanti full UAS. Libur akhir tahun masehi. Awal Januari Judicium 1. Remed lalala Judicium 2. 27 Januari 2014 udah prakoas* Lama banget saya bales sms Adin yang nanyain sebaiknya sertijab kapan. Sebelum 2010 sidang atau setelah. Nah loh. Haha. Bagaikan “November atau Januari, teh?” Kalau November, masih banyak PR. Kalau Januari, nanti efeknya sistemik ke kepengurusan selanjutnya. Dilematis. Itu baru diliat dari jadwal.

Coba aja bayangin. Kira-kira apa aja yang bisa dicapai dalam 3 bulan bersih itu? Waktu yang tersisa pun tidak lama. Masih sangat banyak PR. Buat saya, buat semua pengurus juga. Terutama saya sih.

Makanya eval kemarin itu suasananya beda. Dari semua eval yang pernah saya jalani, yang kemarin itu paling beda. Karena menyadari realita ini. Masih banyak utang saya ke kampus, ke Okky, Devi, Rafli, Hafdzi, Nuni, Zahra, Citra, Dudu, cucu-cucu, semua pengurus, ke FK Unpad, semuanya.

Alhamdulillahnya, saya ga sendirian. Hal yang selalu saya syukuri. Saya ditemani oleh banyak orang-orang keren. Kamu. Kamu. Kamu. *ceritanya nunjuk ke semua pengurus* Ga ada orang yang keberadaannya lebih penting dari yang lain. Ga ada yang lebih spesial dari yang lain. Ga ada. Karena semuanya spesial, semuanya ga tergantikan.

Makanya pas eval kemarin, kita keras kepala agar semuanya harus datang. Karena itu. Semuanya spesial. Mungkin tugas bisa diambil alih oleh temen-temen yang lain. Tapi keberadaan setiap individunya, sungguh tidak bisa terganti.

Kita terlalu terbiasa dengan “kasihan yang udah dateng, kita harus menghargai mereka. Mulai saja.” Agenda-agenda yang saking padatnya, karena “haus” ingin mencoba banyak hal tapi ujungnya kelimpungan me-manaje diri. Yang penting dateng ke semuanya, meski nyatanya semuanya jadi setengah-setengah, bahkan sepertiga atau seperempat. Numpang lewat. Dateng rapat A tapi kepala di rapat B setelah ini. Pas dateng rapat B, sibuk mikirin persiapan buat rapat C 2 jam lagi. Kadang di rapat, sibuk nyari moment yang tepat buat izin. Haha. Sedih. Dan saya mengalami sendiri semuanya.

Kesibukan yang membelenggu. Jadi apatis. Ga perhatian. Ga tau kabar temen satu seksi. Ga tau kabar anaknya (tunjuk diri sendiri). Ga punya cukup waktu untuk memberi kabar teman 1 seksi, bahkan kasie. Keduanya harusnya bisa dihindari. Karena itulah eval kemarin berbeda. Karena kita bekerja untuk mempersembahkan karya terbaik, bukan hanya untuk memenuhi deadline. Bukan hanya berkejaran dengan waktu. Karena kita bekerja, berkontribusi dalam 1 tim, kita ga bisa kerja sendiri-sendiri. Setiap anggota itu istimewa.

Karena kalian semua istimewa, mari kita persembahkan karya terbaik kita sebagai sebuah tim (bahkan keluarga) kepada kampus tercinta🙂

Semangat!

*maaf kalau selama eval ada yang tersinggung karena penyampaian yang kurang baik. Saling mengingatkan ya.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s