The Happiness Project


The Happiness ProjectThe Happiness Project by Gretchen Rubin

My rating: 3 of 5 stars

Sometimes I succeed, sometimes I fail, but every day is a clean slate and a fresh opportunity. (page 288)

***

Katanya, rumput tetangga itu lebih hijau. Hehe. Bisa jadi bener, bisa jadi salah. Kalau benar rumput tetangga lebih hijau, reaksi kita bisa jadi iri lalu ngambek ga jelas atau bertanya kepada tetangga dan mencoba membuat rumput yang kita miliki sama hijaunya dengan rumput tetangga. Emmm, bisa jadi bukan keduanya juga.

Poinnya adalah, belajar dari orang lain.

Kalu diibaratkan rumput-tetangga-yang-lebih-hijau itu adalah kehidupan-orang-lain-yang-lebih-baik (ini dalam artian luas ya), kita bisa belajar dari orang lain. Sebenernya, kita bisa saja belajar dari kesalahan sendiri. Itu jelas harus. Tapi hidup kita terlalu pendek untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri dan hanya belajar dari kesalahan diri sendiri. Itulah hebatnya berbagi. Kita bisa mengakselerasi proses pembelajaran tanpa harus mengalaminya secara langsung.

Makanya saya suka sekali baca memoir.

***
Buku ini menceritakan tentang happiness project yang diinisiasi oleh Gretchen Rubin. Apa alasannya? Sederhana, penulis ingin hidupnya lebih bahagia, maka ia pun memulai proyek ini. Since penulis merasa dirinya bukan merupakan orang yang berjiwa petualang, maka ia memutuskan untuk melakukan perubahan-perubahan kecil yang bermakna (menurut dirinya). Chapternya dibagi per bulan dengan tema berbeda setiap bulannya. Misalnya, Januari tentang vitalitas, Februari tentang pernikahan, Maret tentang pekerjaan, April tentang peran sebahai orang tua, dan seterusnya.

Sejujurnya, kalau orang lain ga merekomendasikan buku ini, saya mungkin ga akan baca. Hehe. Jujur, baca buku ini pun agak melelahkan, ga tau kenapa. Bosen? Mungkin. Tapi saya terpengaruh! Haha. Misalnya saja, kebiasaan olah raga. Saya benar-benar mengaplikasikannya (selama ini resolusi hidup sejak 2008 tapi cuma wacana aja) setelah membaca bagian penulis mulai olah raga secara rutin.

Terlepas dari setuju atau ga setuju sama penulis, buku ini menurut saya inspiring. Banyak hal kecil yang bisa ditiru. Yang penasaran, bisa langsung buka www.happiness-project.com atau kalau mau dapet toolsnya bisa klik www.happinessprojecttoolbox.com.

Menurut saya, buku ini cocok untuk orang-orang yang ingin melakukan perubahan dalam hidupnya tapi tidak mau atau tidak bisa melakukan perubahan yang ekstrem. Seperti apa yang buku ini bilang, happiness project setiap orang itu unik. Ga harus sama. Bisa jadi dimulai di awal tahun seperti yang penulis lakukan, atau kapan pun kita siap melakukannya. So, selamat membaca dan mencoba🙂

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s