Komitmen


Komitmen Dai SejatiKomitmen Dai Sejati by Muhammad Abduh

My rating: 3 of 5 stars

Buku kumpulan kutipan tulisan atau perkataan Hasan Al Banna.
Tidak semua, tapi sebagian besar. Terutama untuk bagian yang sulit dideskripsikan.

Buku ini terdiri dari 4 bab yang membahas mengenai hal-hal prinsipil sekaligus praktis bagi seorang da’i. Mungkin, tidak banyak orang yang menyukai gaya bahasa buku terjemahan dari timur tengah (oke, ini maksudnya saya). Bukan tidak suka isinya, tapi seringkali susah mencerna isinya. Diulang dua-tiga kali baru mengerti. Mungkin, karena terlalu puitis ya. Hehe.

Terlepas dari suka atau tidak suka gaya bahasanya, saya pribadi merasa diberi taujih selama membaca buku ini. Salah seorang ustadz berkata saat ceramah, salah satu hal yang membuat amalan melemah adalah ilmu yang tidak bertambah, atau kita tidak tahu keutamaan atas apa yang kita lakukan. Bisa jadi buku ini adalah salah satu solusi untuk menambah ilmu saat merasa “lemah”.

Diawali dengan pemaparan mengenai bentuk komitmen terhadap dakwah serta dilanjutkan dengan sarana dan persiapan, kewajiban-kewajiban praktis, dan ditutup oleh bahaya & rintangan menjadikan buku ini cukup lengkap untuk dijadikan sebagai suplemen-komitmen-terhadap-dakwah. Selamat membaca🙂

“Da’i memiliki jiwa yang penuh dengan kebenaran, semangat, harapan, dan kesadaran. Tujuan terbesarnya adalah mengisi kehidupan dengan pandangan yang kritis dan mata yang tajam, sehingga apabila merasa furur (lemah), dia segera mengembuskan kekuatan jiwanya agar bangkit dan menguat kembali. Apabila ia merasakan penyimpangan, ia segera menyentak jiwanya agar kembali ke jalan yang lurus.”

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s