Best Part


Hobi: Baca buku.

Sebenernya ga gitu-gitu amat. Tapi kalo ada tulisan “Hobi:…..” pasti refleks nulis baca buku (dan travelling kalo boleh nambahin meski kenyataannya saya jarang travelling, itu dibahas nanti aja ya tapinya. kaya ada yang peduli. haha. monolog.).

Dari keseluruhan proses membaca buku, dari mulai milih buku di toko buku/rak buku temen/rak perpustakaan sampe selesai baca dan sedikit me-review, saya paling suka bagian terakhir.

Review.

Saya jenis orang yang terobsesi untuk membaca secara cepat tapi jeleknya, saya mudah lupa sama apa yang saya baca. Saya cuma inget buku itu bagus atau nggak. Udah, ga lebih. Kadang saya harus mikir beberapa lama saat ada yang bertanya, “Itu buku tentang apa?” Itu jeleknya. Makanya, setahun kebelakang, saya berkomitmen untuk menulis review buku-buku yang saya baca. Kebanyakan bukan review isinya. Sering kali saya malah cuma nulis proses ketemu buku itu atau kenapa saya milih buku itu. Tapi saya suka sama proses review, meski jelas bukan review profesional. Reviewnya sangat personal. Jadi semacam bonding antara buku itu dan saya. Saya tulis lagi “pengalaman” selama membaca buku itu. Jadinya, istilah review buku bagi saya manulis apapun yang berkaitan tentang buku itu. Hehe.

Dengan menambahkan proses review setelah membaca, saya jadi banyak recall. Ngulang lagi beberapa part. Recall lagi apa yang saya pikirkan saat membaca buku. Jadinya saya ga sepelupa dulu. Dan untuk mempermudah proses recall, saya sekarang berani memberi tanda di bagian yang paling mengena (saya dulu orang yang paling anti melukai buku dalam bentuk melipat atau mencoret sekecil apapun). Dan ternyata ini merupakan proses yang membahagiakan.

***

Deep reading, jangan cuma speed reading. Itu nasihat yang cukup menampar saya. kalau dua-duanya boleh ga? hehe

2 thoughts on “Best Part

  1. Mau coba juga ah. Bagian ‘cepat lupa’nya iya banget. Blognya makin bagus Pus, haha. Mungkin kalau kita akan semakin jarang ketemu, blog kita bisa jadi sarana ngobrol yang bagus😉

Leave a Reply

