Merdeka Dalam Bercanda


Merdeka Dalam BercandaMerdeka Dalam Bercanda by Pandji Pragiwaksono

My rating: 4 of 5 stars

Saya terpukau sama layout content buku ini! Asik banget liatnya. Warna-warni tapi ga berlebihan. Baguuuus :3

Terlebih lagi, Mas Pandji ini memang jago nian merangkai kata. Asik gitu, mengalir. Terus tanpa sadar saya ngangguk-ngangguk menanggapi tulisannya (mudah terpengaruh sekali ya hmmm). Foto-fotonya juga bagus.

Oke, kembali ke topik.

Yang ga tau stand-up comedy itu apa, coba acungkan tangannya!🙂 Sebelum baca buku ini sih, saya akan PD menganggap saya termasuk ke dalam golongan orang-orang yang tau. Logikanya, gampang aja, komedi yang dilakukan oleh seseorang sambil berdiri. Haha sederhana sekali ya. Tapi bung, ternyata lebih dari itu. Stand-up dalam stand-up comedy artinya bukan berdiri, tapi mengutarakan & membela opini serta pandangannya. Pemaknaan “stand-up”nya sama kaya dalam kalimat “he stood up for what is right”. Gitu sih kata buku ini. Dalem ya? Hehe

Intinya, buku ini membahas mengenai proses di balik boomingnya stand-up comedy saat ini. Awalnya, Mas Pandji sendiri ragu mengenai hal ini, cocok ga ya di Indonesia, bakal diterima ga ya. Susah, tapi pasti bisa. Asal ada kemauan, pasti ada jalan. Setalah pencinta stand-up comedy berkumpul, terciptalah momentum. Orang-orang inilah yang akhirnya memperjuangkan stand-up comedy.

Saya juga baru tau kalau komedi ini agak lain. Ga cuma asal lucu kaya joke telling. Tapi ada nilai yang mau disampaikan, semacam kritik sosial. Jadi memang karakteristiknya komedi yang serius, ada unsur mikirnya. Kadang orang terlalu takut untuk menghadapi kenyataan. Semacam, ada hal-hal tertentu yang kita semua tau itu salah, tapi ya udah sih ga usah di bahas. Contohnya tentang topik kulit hitam kulit putih di Amerika. Kalo di Indonesia misalnya tentang SARA. Makanya dibuat ke dalam format komedi, menertawakan kebodohan sendiri tapi lalu jadi berusaha memperbaiki diri. Istilahnya, mengobati luka dengan tertawa.

Katanya sih gitu. Hehe soalnya, jujur, saya bukan penikmat stand-up comedy, jadi kurang tau juga.

Pelajaran yang saya tangkep dari buku ini, selain pengetahuan yang lumayan banyak mengenai stand-up comedy adalah semangat pantang menyerah dari orang-orang di balik semua ini. Yang namanya hasil yang wah itu ga bisa kita peroleh dengan cara instan, harus ada ikhtiar yang optimal. Kalo kata Mas Pandji, “Susah, tapi pasti bisa”.🙂

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s