Manufacturing Hope: Bisa!


Manufacturing Hope: Bisa!Manufacturing Hope: Bisa! by Dahlan Iskan

My rating: 4 of 5 stars

Kenapa judulnya “Manufacturing Hope: Bisa!”? Karena, Pak Dahlan bercerita bahwa saat melihat BUMN-BUMN yang ada (sebagian besar) keadaannya sedang semerawut, menyedihkan, nyaris bangkrut, bahkan mati. Mulai dari mana dong memperbaikinya? Beliau memutuskan memulai dari yang paling bisa diubah dan gratis: membangun harapan!

Sebagai orang yang mudah terpengaruh, efek buku ini tidak lain dan tidak bukan adalah membuat saya semakin yakin bahwa Indonesia itu negara yang hebat dan sedang bangkit bahkan berlari. Janganlah terlalu percaya berita-berita di media yang bikin putus asa dan sedih itu. Fakta-fakta dalam buku ini membuat wawasan dan mata saya semakin terbuka dan memahami kondisi Indonesia. Eh, tapi saya jarang baca berita sih sesungguhnya.

“Satu Tangis dan Ribuan Tawa” adalah karya Dahlan Iskan yang pertama kali saya baca. Jika di buku STDRT beliau membagi CEO NOtes saat menjadi direktur PLN, pada MHB beliau berbagi kisah mengenai pengelolaan BUMN saat ini sebagai menteri BUMN. Gaya bahasa khas beliau tidak berubah. Masalah yang ada dipaparkan secara terbuka, segar, apa adanya, dan ringan bahkan seringkali mengundang tawa. Tidak melulu masalah, tapi pemecahannya pun disuguhkan secara eksplisit maupun implisit, membuat saya sebagai pembaca bersemangat dan yakin Indonesia tidak sekacau yang media sampaikan.

Pabrik gula, PLN, bank, perkapalan, peternakan, sawah, semuanya dibahas disini. Enjoy the book!🙂

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s