Inilah Politikku


Inilah PolitikkuInilah Politikku by Muhammad Elvandi

My rating: 3 of 5 stars

Bagian-bagian yang memberikan kesan khusus yang saya twit:

Dekatlah kemari ke denyut kehidupan ini; dengar, dari kerinduan tanah air kami mulai. (Mansur Samin)

Menurut Robert N. Bellah (sejarawan&sosiolog barat), Piagam Madinah merupakan konstitusi termodern di zamannya, konstitusi pertama di dunia.
Dia mencakup konsep pemerintahan, kemasyarakatan&kependudukan, stabilitas dalam&luar negeri, juga sosial budaya. #PiagamMadinah
Ikatan yg dulunya rasis, membela kabilahnya sendiri di saat benar&salah, telah terkikis oleh aqidah. #PiagamMadinah
Imanlah yg telah saling merekatkan hati. Hingga lisan pun berucap, “Fa ashbahna bi ni’matihi ikhwanan.” #PiagamMadinah
“Dg nikmat Allahlah kita semua menjadi saudara.” Persaudaraan Islam adl persaudaraan yg merubah mindset “aku” menjadi “kita”. #PiagamMadinah
Ketika di Persia & Romawi,”penguasa dunia” saat itu, manusia masih diklasifikasikan derajatnya, di Madinah, Rasul merintis sistem politik dengan prinsip persudaraan dan persamaan. 11 abad lebih awal dari konsep froternite & egalite-nya Revolusi Prancis. #PiagamMadinah
Makna umat dlm #PiagamMadinah meliputi org muslim,Yahudi,&nonmuslim lainnya,bkn hanya berdasarkan kesukuan.Inilah prinsip kewarganegaraanny.

Negara bukan tujuan akhir, tapi sarana. Alat untuk mempermudah kerja-kerja yg jauh lebih besar lagi.

Kekuatan akal kolektif >>> ide personal.

Selesai 3x menikam Umar saat shalat subuh, Abu Lu’luah pun menikam siapa pun yg ada di dekatnya. Sekitar 13 orang. 7 diantaranya meninggal. Setelah terkepung, ga mungkin kabur (nikamnya pas lagi shalat subuh berjamaah), akhirnya Abu Lu’luah pun bunuh diri.

Lagi baca buku yg lg ngomongin masa kekhalifahan Umar. Tiba2 ada kata “tim enam”. Merasa terpanggil. #bedalevel (˘̩̩̩⌣˘̩̩̩ƪ)

Mirip masjid nabawi ya🙂 http://lockerz.com/s/230394206

Saat zaman Abbasiyah, tdk hanya ada doker umum, dokter spesialis mata pun ada, seperti Ibnu Haitsam alias Al Hazen. Ibnu Haitsam sudah mampu meneliti struktur dan fisiologis mata. Jadi inget #NBSS. Jadi inget @fkunpadfair2012 http://lockerz.com/s/230397128

Mentornya Muhammad Al Fatih: Aq Syamsuddin.

Wahai raja yang kebaikannya semua jadi baik. Engkaulah zaman, jika kau adil, musim semilah semuanya.

Sungguh aku melihat air yg diam itu merusak dirinya sendiri.Kalaulah ia bergerak,dahsyatlah ia; jika tidak,ia merugikan diri. (Imam Syafi’I)

***
Bagian-bagian buku ini yang memberikan kesan khusus yang saya post di tumblr:

“Rasulullah mempunyai tangan kanan yang khusus menjaga rahasia-rahasianya. Dialah bagian pemegang rahasia negara, Hudzaifah bin Yaman. Dialah yang mengetahui banyak rahasia-rahasia Rasulullah Saw. di saat tak seorang pun, bahkan istri-istrinya yang mengetahuinya.”

Inilah Politikku, page 76

Emang rahasianya apa ya? Jadi kepo.
Ya kalo semua tau, bukan rahasia, Pus.
Keren, keren. Berarti bener-bener megang rahasia ya :’)

“Siapa pun yang menyembah Muhammad, sadarlah bahwa Muhammad telah mati. Tapi siapa pun yang menyembah Allah, sungguh Ia tetap hidup, tidak akan pernah mati.”

Abu Bakar Ash Shiddiq, saat Rasulullah tercinta meninggal

Sungguh ini salah satu bagian yg mengharukan. Abu Bakar adalah orang yg sangat lembut. Orang yg menangis ketika wakyu terakhir turun, di saat semua orang bahagia, din telah sempurna. Kenapa? Tandanya sebentar lagi Rasulullah akan meninggalkan mereka. Tapi saat Rasulullah bener2 meninggal, beliaulah yg paling tenang. Dan dari lisan beliaulah terucap kalimat tadi. Menenangkan hati Umar bin Khatab yang sangat kalut. :’)

“Wahai manusia, kemana lagi kalian berlari? Laut di belakangmu dan musuh di hadapanmu. Kalian tidak mempunyai sesuatu lagi demi Allah kecuali kebenaran dan kesabaran.”
— Thariq bin Ziyad, setelah membakar seluruh kapal

“Dengan kedua tanganku ini, aku telah menulis total 2000 jilid buku.”
— Abu Al Faraj Abdurrahman bin Ali bin Muhammad Al Jauzi

***

Saya sadar, suka lupa bagian detail yang saya suka dari sebuah buku. Makanya sekarang tipe langsung twit atau tumblr. Sayangnya, hehe…

Jadi secara keseluruhan, buku ini terbagi 2, isi tentang sejarah islam secara keseluruhan (sisi polotiknya) dari zaman Rasulullah sampai masa kini dan tentang politik. Nah, saya agak berhenti ngetwit setelah bagian sejarahnya habis. Semacam ga tau mesti komentar apa. hiks. Emang ya agak susah diajak ngomongin hal berat.

Alhamdulillahnya, saya familiar sama bahasan-bahasan buku ini. Selama ini ternyata saya udah pernah dapet materi yang ada di dalam buku ini secara live. Cuma dapetnya setema-setema. Nah, jadilah buku ini yang merapikan isi kepala saya. Jadi lebih paham dan ngerti, ga sekedar tau.

Setelah baca buku ini, terjawablah pertanyaan:
– Politik di dunia islam itu gimana sih? emang beneran ya haram?
– Hal-hal pokok dan cabang mengenai politik. Mana yang prinsip, mana yang fleksible.

Terus saya juga baru tahu versi lengkapnya Piagam Madinah pas baca buku ini. Seru deh bagian sejarah. Sedih juga kalo inget masa SD s.d. SMA belajar sejarah islam yang disebut hanya tahun, nama raja, lama berkuasa, nama perang. Jarang banget disebut secara mendalam capaian-capaian, nilai-nilai yang diperjuangkan, dll. Kan sayang banget, soalnya esensi dari sejarah itu kita justru mengambil hikmahnya, bukan cuma tau kapan dan siapa.

Selain itu, setelah baca buku ini, muncul juga pertanyaan-pertanyaan lain. Yang intinya sih saya harus lebih banyak lagi bacanya. Cross check sana, cross check sini.🙂

View all my reviews

 

Nb. Judulnya sangat ga penting. Tapi asa gimana gitu nulis “Inilah Politikku” jadi judul. Padahal biasanya saya nulis langsung judulnya. Tapi yasudahlah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s