NASIONAL.IS.ME


NASIONAL.IS.MENASIONAL.IS.ME by Pandji Pragiwaksono

My rating: 4 of 5 stars

Pertama kali saya tau keberadaan buku ini adalah dari Fatma, sekarang kuliah di FK UI angkatan 2010, kita dipertemukan di LKMM ISMKI Wilayah 2 :’) Saya penasaran juga, soalnya katanya bagus. Sempet searching dan download e-booknya. Tapi semua selesai disana, entah saya simpen dimana filenya.

Saya ditakdirkan membaca buku ini sampai tamat via Nurani yang –entah- sebulan belakangan ini bawa-bawa buku ini mulu. Akhirnya pas kita ke Dinas Kesehatan di PT DI, sambil nunggu giliran di vaksin, saya minjem bukunya. Baru kesampean baca tadi pagi dan, serius, semacam susah ngerem gitu.

Tema yang diangkat disini adalah nasionalisme. Kalau disederhanain, nasionalisme itu paham yang meyakini bahwa perbedaan dalam sebuah negara harus dipersatukan. Baca buku ini, bikin saya (makin) cinta dan terpesona (lagi) sama Indonesia. Dengan realita rakyat Indonesia yang lebih sering terpapar berita “buruk” via media nasional, ya wajar sih makin banyak yang pesimis. Tapi kalo baca buku ini, ga mungkin untuk ga optimis. Keindahan alamnya udah jelas, banyak “Bali” di Indonesia, tapi belum semua terpropaganda dengan baik. Orangnya juga pinter-pinter, kreatif-kreatif. Aura bukunya positif, optimis. Bikin nagih, ga bisa berhenti baca.

Saya suka

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s