Indonesia Mengajar


Indonesia MengajarIndonesia Mengajar by Pengajar Muda

My rating: 4 of 5 stars

Buku setebal 322 halaman ini merupakan kumpulan kisah pengajar muda di berbagai penjuru Indonesia. Sekolah seperti yang Andrea Hirata deskripsikan di “Laskar Pelangi” itu banyak dan nyata bertebaran di Indonesia, bahkan yang kondisinya tidak lebih baik pun banyak.

Ada 2 cerita yang paling saya suka dalam buku ini. Yang judulnya “Rizki, My Genius Student” (Erwin Puspaningtyas Irjayanti) dan “Manusia Auksin” (Bagus Arya Wirapati).

Cerita pertama itu bener-bener menyentuh. Terharu ga sih kalo ada anak kelas 3 SD nanya, “Kapan Tamaluppu akan mengalami musim salju seperti di Amerika?” Pemalu, tapi ingin tahu. Terus waktu Rizki tertidur di luar waktu nunggu “bola kertas”. Ya Allah TT.TT saya nyaranin baca dan resapi sendiri aja untuk cerita “Rizki, My Genius Student”. Biar feelnya dapet.😀

Beda lagi dengan “Manusia Auksin”. Tahu kan hormon auksin yang ada di tumbuhan? Yang percobaan kacang hijau disimpen di tempat gelap, dia akan tumbuh lebih tinggi. Akibat hormon auksin.🙂 Nah, saya kutip aja ya bagian “kenapa manusia auksin”nya.

“kita harus tumbuh subur di bawah sinar matahari yang merupakan perumpamaan dari sebuah kondisi yang mudah dan menyenangkan. Tetapi, tak selamanya kita akan menemukan matahari dalam kehidupan kita. Kadang ada kondisi dimana semuanya gelap, seperti tak ada harapan. Karena itu, kita harus menjadi manusia auksin. Dalam terang kita tumbuh subur, dan dalam gelap kita menjadi lebih tinggi, lebih dewasa.”

***

Banyak banget sebenernya orang berbakat dan pinter di Indonesia. Cuma ga semua punya kesempatan, ga semua mau nyari kesempatan, dan ga semua yang punya kesempatan melakukan yang terbaik.

Saya pribadi agak gimana ya, ada passing grade sekolah-sekolah, anggapan “sekolah favorit”. Anak sekolahan di kota sering kali cuma peduli gimana saya bisa masuk sekolah favorit, sekolah dengan passing grade tinggi. Tapi ga disertai mimpi lebih tinggi. Udah, stuck, cita-citanya masuk sekolah favorit. Saat itu tercapai, entah jujur entah nggak, semua selesai. Tapi saya percaya ga semua orang kaya gini. Ga salah juga kalau ingin berada di tempat terbaik.

Dan poinnya adalah, bukan soal ada dimana kita sekarang. Tapi apa yang kita lakukan dimana kita berada sekarang. Menjadi manusia auksin.🙂 Makasih Kak Bagus, untuk inspirasinya.

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s