Tuesday with Morrie. Nih @usagiaoi ! :)


Tuesdays with MorrieTuesdays with Morrie by Mitch Albom

My rating: 3 of 5 stars

Semuanya berawal dari Gilang yang nanya, “Pus, udah baca Tuesday with Morrie belum?”

Intinya, buku ini bercerita tentang seorang profesor bernama Morrie yang diusianya yang ke 70 diserang oleh sebuah penyakit yang menyerang sistem saraf: amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

ALS ini merupakan bentuk penyakit motor neuron yang paling umum dan juga salah satu contoh dari penyakit neurodegenerative yang sangat parah. Penderita ALS ini awalnya akan mengalami lemah otot yang disebabkan oleh kematian lower dan upper motor neuron disertai atrofi otot yang progresif. Intinya sih bakal lumpuh dulu, misalnya kaki ga bisa digerakin, lama-lama tangan juga ga bisa digerakin, ntar lama-lama susah mencerna makanan yang keras atau besar, harus makan yang cair, lama-lama nafas pun harus dibantu menggunakan selang oksigen. Penderita biasanya dapat bertahan selama 3-5 tahun hingga akhirnya meninggal karena tidak bisa bernafas (respiratory paralysis).

Kebayang aja kalo lumpuh. Hidup, tapi ga hidup. Otak masih berfungsi, tapi ya itu, ga bisa beraktivitas dengan normal. Makan harus disuapin, BAB dan BAK harus dicebokin, gatel harus digarukin. Sepenuhnya bergantung sama orang di sekitar. Bisa-bisa depresi ya, hidup, tapi ga bisa ngapa-ngapain.

Inilah penyakit yang diderita Morrie. Dan gimana sih respon Morrie mengenai penyakit yag dideritanya? Gimana sih pandangannya mengenai hidup, apalagi setelah menderita penyakit seperti ini? Makanya di bagian cover ada tulisan “Pelajaran tentang Makna Hidup”. Karena isinya tentang ini. Kira-kira seperti itu😀

Ada bagian-bagian yang saya suka, ada bagian-bagian yang saya setujui, ada juga yang tidak saya setujui. Kalo penasaran, boleh baca sendiri ya hehe

View all my reviews

2 thoughts on “Tuesday with Morrie. Nih @usagiaoi ! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s