L O Y A L


Buat tulisan tentang “Kalo kamu dikasih 20 orang staf, apa yang akan kamu lakukan supaya pada loyal?”

Serius saya searching di google dengan key word “bagaimana membuat staf loyal”. Bingung, clueless, merasa masih banyak kekurangan, tapi emang harus bisa. So, mulai saja…

Mungkin akan lebih mudah jika saya memosisikan diri sebagai staf terlebih dahulu. (Setiap orang mungkin subjektif, beda-beda senengnya diperlakukan seperti apa)

Saya suka kalo pemimpin saya itu care, mengayomi, mau mendengarkan, memberi arahan yang jelas, tegas sekaligus fleksible (bisa menyesuaikan sikap berdasarkan keadaan dan urgensi setiap tugasnya), human, serius tapi bercanda juga, mengembangkan staf, ada di saat susah dan senang atau minimal hadir, dipercaya, membuat saya juga semua staf menjadi satu kesatuan yang utuh, dan mungkin masih banyak lagi. Tapi belum terpikirkan. Habis gimana ya, saya bukan orang yang berekspektasi sangat tinggi ke seseorang, termasuk pemimpin. Kalo saya memilih terjun, harusnya berkomitemen. Harusnya. Tapi manusia berbuat salah itu wajar. Makanya saya ga suka berekspektasi tinggi yang nantinya malah bikin banyak kecewa. Bikin ruang untuk toleransi, kesempatan, dan memaafkan. Dan ini udah keluar topik.

Maksud saya, kalo pengen staf yang loyal, perlakukanlah staf seperti yang diatas. Maksudnya bukan memperlakukan mereka sesuai dengan KITA ingin diperlakukan seperti apa. Tapi memperlakukan mereka sesuai dengan MEREKA ingin diperlakukan seperti apa. Beda kasus kalau keinginan stafnya yang ga sesuai. Makanya pemimpin juga guru, tempat transfer nilai, jangan jadikan staf itu robot yang melakukan hal-hal teknis saja. Mengingatkan esensi dan makna dari pekerjaan yang dilakukan itulah pemimpin. Saat ada staf salah, pemimpin mengoreksi tapi tidak dengan menyakiti. Astaghfirullah, bisakah saya seperti ini? La haula wa la kuwwata illa billah.

Sekarang, apa hasil serchingan di google? Hehehe

Ada banyak, tapi saya ngambil yang ada di http://www.ciputraentrepreneurship.com/bina-usaha/49-rencana-bisnis/2018-membuat-karyawan-anda-loyal.html dengan sedikit perubahan🙂

1. Rekrut dengan seksama: penting untuk mencegah hal tersebut terjadi pada tahap awal. Bersabarlah untuk menemukan orang yang tepat.
2. Berikan apresiasi yang wajar.
3. Perlakukan setiap staf dengan sama. (Munfkin lebih tepat, sesuai dengan kebutuhannya, adil)
4. Sadar akan perbedaan budaya.
5. Jagalah agar pekerjaan tetap menarik dan menantang.
6. Dengarkan apa yang staf Anda katakan.
7. Buatlah staf Anda merasa dihargai dan diapresiasi dengan cara memperhatikan masukan yang mereka berikan.
8. Tunjukkan perhatian pada staf Anda.
9. Berikan mereka motivasi.
10. Berikan mereka kesempatan untuk berkembang.
11. Pastikan staf Anda sungguh-sungguh memahami tujuan oganisasi, buat mereka merasakan bahwa mereka juga bagian dari organisasi.
12. Tingkatkan komunikasi saat kerja, singkirkan penghalang antarstaf atau antardepartemen dengan cara mengadakan kegiatan internal perusahaan atau sosial lainnya.
13. Usahakan tidak mengkritik staf secara kasar dan tajam.
14. Ciptakan sebuah suasana kerja yang menyenangkan. Stres merupakan faktor utama peningkatan jumlah staf yang keluar.
15. Jadilah orang yang fleksibel. Jangan selalu terpaku pada aturan. Coba Anda ijinkan staf jika mereka terkadang harus pulang satu jam lebih awal.
16. Jadilah pemimpin yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s