Tanggal 28 November kemarin, tepat pukul 14.11 pas saya lagi skill’s lab, ada sms masuk dari Dimas, KM Membran.

“Aslm. hari ini sekolah kebanjiran. Kita pindah lokasi ke A3.3.2. Tolong diinfokan ke semua murid. Pukul 16.16 kita mulai acara, absen dibuka jam 16.0nsi dibuat hardcopy nya ya”

Yap! Kemarin itu Pre-School pertama SCORE! : ) Seragamnya aja seragam baru. Nih, lagi ngetik ini aja masih kecium bau toko dari si seragam.

Lonceng berbunyi tepat waktu. Mungkin jam saya kelebihan 4 menit yah.😀 Diawali dengan doa, tilawah, dan tadabbur Al Quran membuat sore yang hujan itu semakin syahdu (ini kalimat apa deh).

Belajar apa aja kita kemarin?

Temanya adalah “listen and you’ll be listened”. Dengan fokus ke 2 topik, yaitu 1. Kemampuan mendengarkan 2. Loyalitas

Jadi, kami semua dibagi menjadi 2 kelompok besar untuk berdiskusi mengenai masalah di Indonesia beserta solusi konkretnya. Tema masalah yang kelas saya (Membran) pilih yaitu mengenai penurunan biaya kesehatan melalui tindakan preventif. Berdasarkan artikel yang Dewi dapatkan, NCD (non communicable disease / penyakit tidak menular seperti jantung koroner) menyebabkan 59% kematian di Indonesia. Sudah lebih besar dibandingkan penyakit menular. Apalagi jika terkena NCD, biasanya tidak bisa sembuh total seperti sebelumnya. Kualitas hidup yang menurun dapat mempengaruhi produktivitas orang tersebut yang akhirnya berdampak sistemik ke bidang ekonomi. Dua kelas lainnya mempresentasikan masalah mengenai anak jalanan dan masalah di Jatinangor.

Setelah diskusi selesai, kami break solat magrib. Dilanjutkan dengan feedback tiap kelompok dari panelis dan pengumuman tugas. Yeeeeeaaaaay! (Tugas itu momen bahagia kata bu kepala sekolah)

Lesson learned: Dengerin! Mau baik atau buruk, dengerin aja. Tapi ambil hanya yang baik saja. Intinya, poin dalam mendengarkan itu adalah 1. Fokus 2. Tahu peran 3. Menekan ego sendiri

(Sebenernya ditulis tanggal 281111)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s