Bandung Tourism Competition


Ehm, baru aja cek email di yahoo, trus ada email dari group. Ayoo, ada yang tertarik?
———————————————————————————————————–
Bandung Tourism Competition adalah sebuah kompetisi strategi pemasaran (marketing plan) pengembangan objek pariwisata di Kota Bandung, Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. Kompetisi ini ditujukan untuk membangkitkan kesadaran mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata dalam bentuk ide dan pemikirannya terhadap potensi wisata yang ada di kota ini. BTC juga diharapkan dapat menciptakan marketers yang handal. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiwa S1 dan D3 dari univeristas-universitas ternama di Indonesia.

Rangkaian acara BTC 2011 terdiri dari dua rangkaian kegiatan yaitu satu hari workshop yang menghadirkan pakar marketing nasional dan satu hari grand final pemaparan dari peserta. BTC 2011 mengambil tema: “Service is a commodity, care is the only way to wind the mind, heart and spirit of people”

Prize:
Juara 1 : Rp 5.000.000,00 + trophy + certificate

Juara 2 : Rp 3.500.000,00 + certificate

Juara 3 : Rp 2.000.000,00 + certificate

Kriteria Peserta:
Mahasiswa S1 dan D3 yang masih aktif.
Tim terdiri dari 3 orang mahasiswa aktif dari Universitas yang sama.
Peserta diperkenankan untuk berasal dari fakultas yang berbeda.
Proposal yang dikirimkan ke Bandung Tourism Competition merupakan karya orisinil peserta dan bukan karya plagiarisme.

Alur Kompetisi:
Workshop –> Penyusunan Marketing Plan –> Pengumpulan Marketing Plan —> Presentasi

Pendaftaran:
Peserta kompetisi diwajibkan mengisi formulir pendaftaran yang dapat di download di http://www.mediafire.com/download.php?e7503y8ybbni94i mengirimkan kembali via e-mail ke bandungtourismcompetition@gmail.com. Dengan menyertakan:
1. Nama Tim
2. Nama seluruh anggota Tim
3. Alamat Email contact person Tim
4. No. handphone seluruh anggota Tim
5. Scan KTM setiap anggota
6. Scan KTP setiap anggota
7. Pas foto berwarna
8. Scan bukti pembayaran

Formulir dikumpulkan paling lambat tanggal 22 Agustus 2011 pukul 23.59. Calon peserta telah terdaftar menjadi peserta Bandung Tourism Competition apabila telah menerima e-mail konfirmasi dari panitia. Apabila peserta belum mendapatkan konfirmasi via e-mail dari panitia, perwakilan tim diwajibkan untuk segera menghubungi panitia untuk konfirmasi lebih lanjut selama 1×24 jam.

Pembayaran:
Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp.200.000,00 per tim dengan cara transfer melalui rekening:
· Rekening BCA : 2308803886 atas nama Vanya Kanyaka Ananggadipa
· Rekening BNI : 0173518446 atas nama Ezy Alvira
· Rekening Mandiri : 1570000911967 atas nama Rizkyka Waluyo Putri

Ketentuan Proposal Marketing Plan:
Proposal berisi rencana pengembangan dan perbaikan Kebun Binatang Bandung dari aspek manajemen pemasaran dan bisnis pariwisata. Peserta bebas mencari sumber dari internet atau media cetak, dan diperbolehkan membawa bahan pada saat presentasi dengan syarat semua referensi dicantumkan pada presentasi. Peserta juga diperbolehkan untuk mengunjungi Kebun Binatang Bandung tanpa akomodasi dari panitia untuk mengobservasi lokasi dan mencari informasi tambahan.

Detail proposal marketing plan:

1. Layout proposal
Bab I : Pendahuluan (Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penulisan)
Bab II : Pembahasan
Bab III : Penutupan (Solusi dan Saran)
2. Jumlah halaman minimal 10 halaman.
3. Format penulisan:
– Ukuran kertas A4
– Font isi Arial, 12
– Font judul Arial, 16
– Margin atas 3,75 cm, kiri-kanan 2,5 cm, bawah 2,5 cm
– Spacing 1,5 lines
– Boleh dihias sesuai dengan kreatifitas tanpa terlepas dari format ketentuan

Kriteria Penulisan Marketing Plan:
1. Pokok permasalahan dan relevansinya dengan judul dan kesimpulan
2. Teknis penulisan : Sistematika, Deskripsi, dan Narasi
3. Menjelaskan (Eksposisi)
4. Landasan teoritis
5. Latar belakang
6. Hal-hal empirik (data-data)
7. Analisis / pembahasan
8. Gagasan-gagasan / inovasi / penambahan / perbaikan
9. Kesimpulan

Waktu Pelaksanaan :
1. 18 Juli 2011 – 22 Agustus 2011 : Pendaftaran dan Pembayaran
2. 10 September 2011 : Workshop @Kebun Binatang Bandung
3. 17 September 2011 : Deadline proposal marketing plan
email ke bandungtourismcompetition@gmail.com
4. 19 September 2011 : Pengumuman 10 besar finalis
5. 24 September 2011 : Grand Final: Presentasi @Bale Rumawat Unpad

Boleh langsung cek aja ke http://bandungtourismcompetition2011.blogspot.com/🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s