HIV/AIDS


Pagi ini saya lecture PHOP. Seperti biasa, kalo setelah midterm, maka kita yang presentasi dengan topik yang sudah ditentukan. Dikocok.

Topik hari ini adalah Maternal Child Health (MCH) & HIV/AIDS.

Tadi temen-temen B5 presentasi mulai dari definisi HIV/AIDS secara umum, epidemiologi, cara transmisi, hingga prevensinya. Wilayah south & south east asia (berarti termasuk Indonesia di dalamnya) merupakan wilayah dengan penderita AIDS ke 2 terbanyak di dunia seteh Afrika. Bayangkan!

Sebenernya, yang menarik bagi saya itu pas sesi tanya jawab. Ada seorang temen saya, Taufik, dia nanya. Kira-kira gini:

“Temen-temen tau rokok kretek, kan? Yang tembakau trus dilapisi kertas, digulung, dan langsung dibakar? Ada juga rokok filter kan ya? Kebanyakan orang bakal lebih milih rokok filter soalnya mikir rokok filter itu lebih aman. Kan ada filternya. Nah, terus, tadi kan salah satu cara pencegahan HIV/AIDS adalah safe sex, dengan memakai kondom. Sama kaya rokok tadi, saat ada yang aman, maka justru semakin banyak orang yang melakukan. Dengan ada rokok filter, makin banyak orang yang merokok karena ngerasa aman, racunnya lebih sedikit. Terus, tanggepan temen-temen B5 gimana tentang kondom ini?”

B5 ngejawab yang intinya, kondom ini hanya salah satu cara saja. Masih banyak cara lainnya. Terus kondisinya juga liat. (Banyak kata-kata temen-temen B% yang saya potong disini).

Saya hanya mikir (dan inget salah satu buku Ustadz Salim, lupa judulnya apa. JCPP kayanya)

–> HIV/AIDS ini bukan hanya masalah punya orang-orang kesehatan. Ia multidimensi. Maka penanganannya pun perlu multidisiplin ilmu. Disini semuanya berperan, mulai dari moral, agama, pendidikan, dan sudah tentu kesehatan.

–> Agama

–> Kondisi di rumah

–> Slogan “safe sex” itu ga tepat. Negara pengusung free-sex-nya aja sekarang sudah berbenah. Bisa dibilang negara barat sedang memperbaiki sesuatu yang kita sebut moral bangsa. Sedang disini kebanyakan pada niru life-style barat yang buruk itu, dengan anggapan biar keren.

(masih pengen nulis banyak tapi harus belajar. Insyaallah nanti diterusin lagi.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s