Judging dan Nasehat


apa·tis a acuh tidak acuh; tidak peduli; masa bodoh

-KBBI

—————————————————————————————————-

Saya lihat sebuah qoutes di tumblr temen saya.

“Judging a person does not define who they are. It defines who you are.”

—————————————————————————————————-

Di sisi lain:

Ibnul Qayyim Al Jauziyah dalam Madaarijus Salikin, mengatakan

“Pastilah hatinya keras dan merasa suci. Dan itu membuat mereka mudah sakit hati, sulit menghargai, dan tak mampu memaafkan.”

mereka adalah orang-orang yang tak mau menerima nasehat, bahkan cenderung mengajak debat ketika nasehat itu diberikan.

—————————————————————————————————-

Saya ga tau saya lagi di posisi mana. Kalo ada yang memberi nasehat, sepahit apapun, semenyakitkan apa pun kata-katanya, kita harus menerima kan ya? Berarti dia udah berbaik hati sama kita, mau ngingetin, mau cape-cape nyampein hal yang toh pada akhirnya, kebaikannya bukan untuk dia sendiri. Iya kan?

Maka mengapa harus ada kata “tapi” jika saya setuju sama itu? Harus sinkronisasi otak dan hati, nih, sepertinya.

Yah, kalo keadaanya kaya gini, lebih baik saya diem dulu sampai kepala dan hati saya dingin. Jangan sampe malah menyampaikan pembenaran-pembenaran apalah itu yang ga penting. Terima, akui, perbaiki. So simple.🙂 Meski kenyataanya kita ga kaya gitu, yah, bisa jagi prevensi supaya kelak ga kaya gitu.

Nah, satu pelajaran lagi yang saya dapet. Generalisasi untuk hal yang baik menurut saya ga apa-apa. BIsa jadi doa. Tapii generalisasi untuk sesuatu hal yang buruk, waduh, jangan deh. Saya akan belajar untuk ga kaya gini. Kalo salah, jatohnya fitnah. Kalo bener, jatohnya ghibah. Dua-duanya sama-sama ga enak. Bikin rugi diri sendiri. Wallahualam bi shawwab,

Leave a Reply

