Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?


Jumat 300109 yang lalu saya to nf yg program simak ui. Saya teh ga bisa. Ga bisaaa banget. Ga bisa. Ga bisa!
Trus saya pulang aja ke rumah dan alhamdulillah nyampe ke rumah dg selamat dan dengan memakai jas hujan soalnya waktu itu t lumayan hujan.
Pas masuk ke rumah, papah ngomong, “teh, papah beli …e.”
“hah? Beli apa, pah?” suara papah ga jelas soalnya saya masih pake helm.
“…e.” masih ga jelas.
“apa?” akhirnya saya buka helm.
“hape.”
“untuk siapa?”
“untuk teteh.”
“hah? Ah, papah mah paling juga bohong.” saya ga percaya, soalnya papah saya t orangnya emang suka heureuy dan lumayan sering gonta-ganti hp. Jadi saya menyimpulkan kl hape itu untuk papah sendiri.
“bener.” tapi ngomongnya ga meyakinkan orang. Ga meyakinkan saya mungkin ya. Saya sampe nanya berulang2. Sampe papah males ngejawab. Terus mamah ngomong, “bener untuk teteh. Bilang makasih ke papah.”
Aku flashback. Tadi sore sebelum berangkat to nf program simak ui, saya dan irma makan+ngobrol2 di bazaar. Tiba2 hape saya jatoh sampe keypadnya keluar2 gtu. Pasti ga kebayang ya? Parah pokonya. Tp saya udah biasa. Jadi lempeng2 aja. Irma ngomong, “minta beli hp baru atuh.”
“ga ah. Ga usah.” soalnya emang masih berfungsi hpnya.
Kembali ke masa kini.
“makasih ya, pah.” kata saya. Tulus. Terharu. Malu.
Terus adzan maghrib. Saya salat maghrib aja.
Saya nangis sejadi2nya. Saya baru pulang dari to yg saya ga bisa dan nyampe rumah malah dikasih hadiah. Untuk apa? Apa sih yg udah saya lakukan shg saya pantes dapet nikmat ini? Saya malu. Saya ga minta, trus tiba2 Allah ngasih saya nikmat yg besar lewat papah. Terus saya inget sama nikmat lainnya yg udh dikasih Allah. Kayanya, syukur saya selama ini aja belum cukup, belum setimpal sama apa yg udah Allah kasih. Terus tiba2 dateng lagi nikmat. Berapa banyak hutang syukur saya ke Allah? Berapa? Bahkan nikmat sehat, bisa makan tiap hari, bisa berkedip aja belum…
Wahai Allah…
Padahal sungguh, saya merasa cukup dengan ini semua.
Tapi Engkau memberi lebih. Padahal berapa uang yang saya infaqkan setiap hari?
Tapi Engkau memberi lebih.
Padahal, mungkin dosa saya menggunung.
Tapi Engkau memberi saya nikmat sebesar ini.
Subhanallah. Saya malu. Malu. Sedih.
Alhamdulillah ya Allah. Bantu saya. Bimbing saya. Temani saya untuk membuat syukur ini menjadi amal nyata. Untuk dunia dan untuk menegakkan kalimat-Mu di muka bumi ini. Amin.
Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Q.S. Ar-Rahman:13,16,18,21,23,25,28,30,32,34,36,38,40,42,45,47,49,51,53,55,57,59,61,63,65,67,69,71,73,75,77

#di posting pertama kali di notes FB

Leave a Reply

