To Kill a Mockingbird


To Kill a MockingbirdTo Kill a Mockingbird by Harper Lee
My rating: 4 of 5 stars

Seingat saya, tahun 2007 atau 2008, saya bertanya ke seorang teteh di Ureshii, “Ada rekomnedasi buku bagus ga, teh?” Mumpung di perpustakaan, maksudnya. Kan sekalian. Hehe

Sang teteh (euleuh) menyebutkan beberapa judul buku. Ada yang sudah saya baca. Ada yang belum. Kebanyakan sih belum. Tapi saya inget banget, salah satu buku yang beliau rekomendasikan adalah “To Kill a Mockingbird”. Kebetulan bukunya ada. Saya liat. Hmmm, gmana ya?

“Teh, beneran bagus?”
Teteh menganggukkan kepalanya, “Yap.”
Tapi kayanya saat itu saya terdistraksi sama buku-buku lain yang menurut saya lebih seru (keliatannya).

Oia, saya inget ketertarikan saya sama buku ini meningkat pas di Smallville, Lex Luthor bilang ke Clark Kent kalo dia itu semacam Atticus (hei, ini tokoh di buku yang saya abaikan!). Tapi peningkatan ketertarikannya ga bikin saya mulai beraksi.

Sampe akhirnya, baru tahun ini saya kesampean baca bukunya karena tergoda pas mampir ke Rumah Buku. Diskon 30% lagi, disampulin lagi. #ea promosi.

Daaaaaan, serius ga nyesel. Sukaa🙂

Harper Lee — sang pengarang — mengangkat tema seputar rasisme yang terjadi di Amerika Serikat sekitar tahun 40an dan ditulis dari sudut pandang seorang anak perempuan, Scout Finch.
Nah, Atticus yang tadi saya sebut-sebut itu adalah ayah Scout Finch. Atticus ini seorang pengacara yang nantinya akan membela seorang negro, dimana hal itu merupakan hal yang aneh bagi masyarakat disana. Yaa, dianggap ga setara gitu.

Lebih baik baca sendiri biar makin nendang.

Bagi saya, seolah-olah, kita diingetin untuk selalu berprasangka baik. Husnudzon.

Selamat membaca!🙂

View all my reviews

Leave a Reply

