Belajar Asyik (kata hati beneran)


Anda yang memilih, anda yang menentukan.

Saya yang memilih, saya yang menentukan.

Maksudnya, bukan menentukan hasil sesuatu atau masa depan atau apalah itu yang menunjukkan kearoganan diri sebagai makhluk. Secara hakikat, ya pasti banget hanya Allah Swt. lah yang Maha Memutuskan. Dia lah yang berkehendak. Akan tetapi, secara syariat, ya kita-kita ini yang menjadi jalannya.

Intinya (ujug-ujug inti ini teh), saya yang udah memilih untuk masuk FK Unpad, secara sadar, tanpa paksaan siapa pun, malah kayanya saya yang maksa, dan alhamdulillah Allah Swt. mengizinkan.

Sekarang, saya yang menentukan, mau 3.5 tahun seperti apa yang akan saya jalani disini? Ngeluh-ngeluh karena harus banyak baca buku yang tebelnya sampe ribuan halaman (ga bohong, tentang “muntah” ada di buku fisiologi guyton halaman 1057 <– salah satu efek academic training yang masih diinget), sehari baca 5 jam termasuk sabtu ahad, ngerjain LI (Learning Issue) yang banyak banget (soalnya kata tutor saya, yang ideal itu semua orang ngerjain LI, ga boleh dibagi-bagi) atau….

Menjadikan semuanya sebagai sarana pengembangan diri (ruh, akal, jasad).

Saya pikir, saya memilih yang kedua🙂 Lurusin niat, neng. Kamu mau jadi dokter kaya apa?

Belajar itu asyik!

PS. tolong jangan artikan belajar secara sempit. belajar itu bukan cuma baca buku atau apalah yang kata orang-orang selama ini. belajar itu luas sekali artinya, kawan. selamat “belajar”!

2 thoughts on “Belajar Asyik (kata hati beneran)

Leave a Reply

