Jawaban


Inspirasi atau hikmah, bisa kita dapatkan dari mana saja. Bahkan dari tempat yang paling tidak disangka-sangka sekalipun. Dari tulisan di pinggir jalan sampai bisikan-bisikan di kanan-kiri (temen-temen dekat, maksudnya). Karena Rasulullah pernah bersabda, “Hikmah adalah milik orang mukmin yang hilang. Dimanapun ia menemukannya, maka ia yang paling berhak mengambilnya.” Apalagi di saat diri ini terlalu sibuk menyoroti resiko dan kekhawatiran-kekhawatiran yang belum tentu terjadi, tentu peran pembisik ke jalan yang benar ini sangat penting.

Karena seseorang yang berjiwa pecundang itu, selalu mencari-cari alasan atas semua yang terjadi. Menyalahkan orang lain. Mencari excuse, pembenaran, menyangkal. Putus asa (Tidak ada orang yang berputus asa, kecuali orang-orang yang sesat. hiiiii.). Yang pasti, kalo semua syarat ini terpenuhi, maka ia akan menjadi seorang victim dalam kehidupannya sendiri. Sedih banget, kan?

Perang Batin

Bingung antara mengangguk atau menggeleng. Maka setelah bercerita kepada Sang Pemilik Hati, Penggenggam Jiwa, kepada orang-orang terdekatlah kita meminta saran.

“Lebih baik fokus.”

“Lihat kemampuan diri.”

“Bisa, lah. Mudah itu mah.”

“Siapa tahu itu menjadi ladang amalmu.”

Lalu… lalu…

Berlepas diri dari amanah tidak menjadikan diri ini tidak sibuk, kalau memang kesibukan itu merupakan alasan dari diri ini menolaknya. Kesibukan akan selalu ada. Kalau kita tidak disibukkan dengan kebaikan, maka kita pasti sedang disibukkan dengan keburukan.

Karena waktu itu lebih sedikit dari kewajiban yang kita miliki.

Mengadulah kepada Sang Pemilik Hati. Kita tidak bisa mengharapkan apa-apa dari makhluk-Nya, kecuali atas izin-Nya.

Istafti qalbak, mintalah fatwa pada hatimu.

Jawabannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s