#1: 6 Hal tentang Manusia


Ahad 060909 6.15 @ kamar

Waktu itu, sebelum saya jadi mahasiswa dan bukan siswa alias masa-masa penangguran tanpa status, tepatnya hari Ahad tanggal 2 Agustus 2009 —eh, udah pengumuman deng— saya dan teman-teman pergi ke Unpad Jatinangor untuk coaching sama Teh Moi. Kenapa sih, harus tanggal 2? Kenapa ga tanggal 3 aja atau 4? Soalnya, tanggal 4nya, Nita harus udah berangkat ke Palembang. Asalnya mau di rumah Nita aja tanggal 3, tapi Teh Moinya ada LKMM dari tanggal 3-10, kalo ga salah. Ya sudah, akhirnya diputuskanlah kita coaching hari itu, janjian di Pangkalan Bis Damri Jatinangor jam12. Waktu itu, yang jadi hadir teh 5 orang, Pusfa, Nita, Canus, Camar, dan Azra, yang lainnya pada berhalangan, ada yang sakit, ada yang harus jaga rumah, dll.. Tapi ga apa-apa. Dari Pangkalan kami melanjutkan perjalanan ke Bale. Akhirnya, sampailah kami semua di Bale Padjadjaran (asramanya anak FK Unpad). Enakeun yaa. Kaya bukan asrama. Okey banget lah. Jadi pengen. Hehe. Ya. Cukup. Cukup.

Pas coaching rame pisan lah. Cerita-cerita pengalaman pas pengumuman kemaren. Kan, ga semua keterima di pilihan pertama. Tapi, subhanallah, insyaallah inilah yang terbaik dari Allah. Ga ada yang perlu disesali.  Terus kita teh dikasih tau sama Teh Moi tentang

6 KEBUTUHAN MANUSIA.

Jadi, menurut Anthony Robbins, manusia teh punya 6 kebutuhan. Apa aja, sih?
1. Kepastian.
Manusia butuh banget kepastian, besok bias makan ga, ada ga baju untuk dipake besok, ada ga rumah untuk berteduh malam ini, dll..
2. Ketidakpastian.
Tetapi, manusia juga butuh kepastian. Soalnya, kalo terlalu pasti juga jadinya stress. Pokonya, jam11.07 aku harus makan gorengan dari kantin yang harganya 500. Stress kan, kalo sampe ke menit-menitnya kita jadwalin dan harus dilaksananin? Jadwal juga penting, tapi fleksibel aja. Kan kita butuh ketidakpastian tadi.
3. Keunikan.
Pasti di lubuk hati kita yang terdalam, kita ga mau disama-samain sama orang lain. Kalo yang baik sih ga apa-apa, tapi kalo kejelekan kan males juga. Pasti ada hasrat terpendam untuk memunculkan kekhasan diri yang cuma kita aja yang punya.
4. Hubungan, cinta (keterikatan).
Manusia ga bisa hidup sendiri, pasti butuh orang lain. Pada pernah ga sih, merasa sendiri di keramaian? Nah, itulah. Meskipun keliatannya lagi jalan bareng-bareng sama temen (yang bukan temen deket) tapi rasanya kaya lagi sendiri. Ga enak banget nih, kaya gini. Makanya kualitas hubungannya juga penting. Intinya sih, buatlah komunitas yang kita ngerasa nyaman di situ. Dream team. Temen-temen sevisi yang saling menguatkan langkah, yang ngerangkul kita disaat kita tenggelam. Disitulah ada keterikatan.
5. Tumbuh dan berkembang.
Kalo kehidupan diibaratin games, kita itu lagi melangkah dari satu level, ke level yang lebih tinggi. Makin naik levelnya, makin tinggi kesulitannya, seru tantangnnya. Nah, kalo kita naik level tapi kita ga meningkatkan skill, pasti game over atau ga, bisa juga ngulang level. Kalo ngerasa hidup udah biasa-biasa aja ga ada tantangan, atau ngerasa Kok diuji teh sama ini lagi ini lagi. Ieu deui. Ieu deui. Bosen. (Euleuh) Mungkin sebenernya, kita belum lulus di level itu. Mungkin ada esensi yang belum kita ambil. Wallahu alam. Jadi, manusia butuh berkembang. Kata Aa Gym, ilmu itu pupuk iman.
6. Kontribusi.
Ketika kita memberi, kita akan menerima lebih banyak. Berkontribusilah!

Nah, uniknya tuh gini. Ketika kita fokus ke point 5 dan 6, kita tuh ga akan terlalu memedulikan point 1 sampe 4. Kebayang? Hati jadi lebih tenang. Soalnya kalo hanya mikirin yang 1-4, pasti ga ada abisnya. Udah 1 terpenuhi, muncul lagi, muncul lagi. Cape kan? Adaaa aja yang rasanya kurang, salah, ga bener. Ga enak. Iya, kan?
Jadi, hayu ah, mulai sekarang mah, kita fokus ke pengembangan diri dan kontribusi! Untuk Allah, bangsa, dan almamater!
Bismillah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s